Membuat Aplikasi Jejaring Sosial Dengan HTML5 dan PHP

Membuat Aplikasi Jejaring Sosial Dengan HTML5 dan PHP
Membuat Aplikasi Jejaring Sosial Dengan HTML5 dan PHP

lihat juga


Membuat Aplikasi Jejaring Sosial Dengan HTML5 dan PHP

Jejaring Sosial Aplikasi


Kali ini mimin akan membahas mengenai cara Membuat Aplikasi Jejaring Sosial Dengan HTML5 dan PHP. Sebelum membahas tentang cara pembuatanya maka tidak ada salahnya kita membahas terlebih dahulu mengenai apa itu jejaring sosial.

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.

Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.

Sekarang ini banyaksekali jejaring sosial yang digunakan masyarakat bahkan satu orang saja dapat menjadi pengguna lebih dari dua jejaring sosial. Banyak sekali jejaring sosial yang populer di kalangan masyarakat seperti Facebook, Twitter, Instagram dan masih banyak lagi. Hampir semua jejaring sosial yang populer di Indonesia adalah Jejaring sosial dari manca negara. Entah kenapa kebanyakan orang Indonesia hanya suka menjadi pengguna dan tidak peranggan menjadi pembuat atau pemilik.

Dari masalah yang mimin bicarakan di atas mimin mempunyai keininan suatu saat Indonesia mempunyai Jejaring sosial karya anak bangsa yang populer sehingga mampu mengimbangi jejaring sosial populer saat ini. Dalam Membuat Aplikasi Jejaring Sosial Dengan HTML5 dan PHP yang akan mimin bahas berikut ini adalah bentuk sederhana yang semoga dapat membantu Anda atau dapat menginspirasi Anda untuk membuat yang lebih baik lagi. Langsung saja mimin bahas langkahnya.



  1. Tentukan tema yang anda inginkan, misalkan jejaring yang bertema gambar dan video seperti instagram.
  2. Lakukan survey pada teman-teman anda mengenai tema yang ingin anda ambil. 
  3. Ambil Kesimpulan dari survey yang anda lakukan apakah tema anda menarik atau belum. Jika sudah menarik maka langsung ke langkah 4 dan jika belum maka kembali ke langkah 1.
  4. Tentukan tampilan yang ingin anda tampilkan pada jejaring yang akan anda buat. 
  5. Buat skema database yang anda perlukan dalam jejaring sosial yang akan anda buat.
  6. Membuat program dengan coding manual atau dengan aplikasi yang dapat membantu anda.
  7. Setelah semua berjalan sukses maka coba jalankan dengan beberapa user. Koreksi tingkat error atau kemungkinan error yang ada.
  8. Jika masih terdapat error maka lakukan revisi dan uji coba lagi.
  9. Jika error sudah teratasi maka minta pendapat teman-temanmu untuk menilai aplikasi yang anda buat.
  10. Jika teman anda memberi saran maka pertimbangkan lagi saran tersebuat apakah harus ditambahkan dalam jejaring sosial anda atau tida. Jika perlu ditambahkan maka lakukan revisi lagi.
Langkah diatas adalah langkah global yang bisa mimin sarankan. Untuk Contoh Aplikasi Jejaring Sosial yang pernah mimin buat bisa diunduh pada link download dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Preview
Aplikasi Jejaring Sosial Nekoni

Source Code:  EMAIL ke photato91@gmail.com




Comments

  1. Replies
    1. errornya gimana gan?
      agan pakek XAMPP atau apa untuk localhostnya? soalnya beda versi itu juga pengaruh gan

      Delete

Post a Comment